a)
Ki
hajar dewantara
Pendidikan yaitu tuntutan di dalam hidup tumbuhnya anak-anak, adapun maksudnya, pendidikan yaitu menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak itu, agar mereka sebagai manusia dan sebagai anggota masyarakat dapatlah mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya. Ki hajar dewantara juga mengatakan Pendidikan ialah usaha kebudayaan yang bermaksud memberi bimbingan dalam hidup tumbuhnya jiwa raga anak agar dalam kodrat pribadinya serta pengaruh lingkunganannya, mereka memperoleh kemajuan lahir batin menuju ke arah adab kemanusiaan (Ki Suratman, 1987: 12).
b)
Ahmad
D marimba
Pendidikan
merupakan bimbingan atau pimpinan secara sadar oleh si pendidik terhadap
perkembangan jasmani dan rohani si terdidik menuju terbentuknya kepribadian
yang utama.[1]
c)
Plato
Pendidikan
merupakan sesuatu yang dapat membantu perkembangan masing-masing dari
jasmani dan akal dengan sesuatu yang memungkinkan tercapainya kesempurnaan.
d)
Soekidjo
Notoatmodjo
Soekidjo
Notoatmodjo (2003,16) mengemukakan Pendidikan secara umum adalah segala upaya yang direncanakan untuk
mempengaruhi orang lain baik individu, kelompok, atau masyarakat sehingga
mereka melakukan apa yang diharapkan oleh pelaku pendidikan. [2]
e)
Prof.
Herman H. horn
pendidikan
adalah suatu proses dari penyesuaian lebih tinggi bagi makhluk yang telah
berkembang secara fisik dan mental yang bebas dan sadar kepada Tuhan seperti
termanifestasikan dalam alam sekitar, intelektual, emosional dan kemauan dari
manusia.
f)
Prof.
H. mahmud yunus
pendidikan
merupakan upaya mempengaruhi seseorang agar penguasaan ilmu pengetahuan
bertambah.Diharapkan, dari ilmu pengetahuan tersebut tidak hanya meningkatkan
pengetahuan, tetapi juga meningkatkan akhlak dan memudahkan seseorang mencapai
tujuan dan cita-cita yang tinggi.
a)
Langeveld
Langeveld mengatakan pendidikan adalah upaya manusia dewasa menolong anak-anak yang masih proses dewasa dalam segala tugas hidupnya. Dengan kata lain, membantu seorang anak mencapai kedewasaan.
b)
Muhibin syah
Pendidikan yaitu memelihara dan
memberi latihan. Dalam memelihara dan memberi latihan diperlukan adanya ajaran,
tuntunan dan pimpinan mengenai akhlak dan kecerdasan pikiran.[3]
c)
Horne
pendidikan dilakukan memakan waktu
dan proses yang dilakukan secara berkesinambungan dan terus menerus. Karena
dilakukan secara bertahap, maka itu artinya pendidikan dilakukan selama
seseorang itu berkembang tumbuh, menyesuaikan pertumbuhan fisik dan mental. (2)
d)
John Dewey
Menurut
John Dewey, pendidikan adalah suatu proses pembaharuan makna pengalaman, hal
ini mungkin akan terjadi di dalam pergaulan biasa atau pergaulan orang dewasa
dengan orang muda, mungkin pula terjadi secara sengaja dan dilembagakan untuk
menghasilkan kesinambungan sosial. Proses ini melibatkan pengawasan terhadap
orang yang belum dewasa dalam suatu kelompok dimana ia hidup.
e) Federick Mc Donald
Menurut
Federick Mc Donald, pendidikan adalah suatu proses atau suatu kegiatan yang
diarahkan untuk merobah tabiat (behavior) manusia. Adapun yang dimaksud
dengan behavior di sini adalah setiap tanggapan atau perbuatan seseorang
atau yang dilakukan oleh seseorang. Perubahan dalam sistem tabiat adalah
perubahan kepribadian, sedangkan unsur-unsur penting dalam proses pendidikan
adalah organisme manusia dan seperangkat pengalaman yang sengaja membawa
perubahan kepada kepribadian dari organisme itu. Pendidikan dapat dipandang
juga sebagai proses dalam usaha mengisbatkan anak ke dalam tata laku dari
masyarakat di mana ia hidup.
Komentar
Posting Komentar